Konflik dan Solusi

Konflik merupakan sebuah realitas yang selalu akan melekat di tempat kerja. Hal ini disebabkan oleh adanya berbagai kepentingan individu dan kelompok yang menginginkan cara mereka menjadi pilihan dalam setiap keputusan. Oleh karena itu, sangatlah wajar bila organisasi merasa perlu untuk mengelola setiap konflik menjadi sebuah kekuatan yang mempersatukan setiap perbedaan. Konflik yang dibiarkan berkembang akan menciptakan masalah yang berujung pada pertentangan yang mengancam kekuatan organisasi. Konflik tidaklah boleh menjadi arena saling menghasut untuk mengaburkan visi organisasi, atau pun menciptakan ketegangan yang mengganggu proses kerja organisasi.
Pelatihan manajemen konflik ini dirancang untuk membantu karyawan dan pimpinan agar dapat berpikir dan bertindak secara positif, dan secara cerdas mengelola setiap konflik menjadi kekuatan yang mempersatukan organisasi dan stakeholders dalam satu visi yang terarah kepada sasaran yang tepat.
Konsep Dasar
Konsep dasar pelatihan manajemen konflik ini adalah untuk memfasilitasi pemahaman konflik, mendeteksi tanda-tanda eskalasi konflik, menanggapi tanda-tanda tersebut dengan tindakan yang tepat dan akhirnya menggunakan teknik yang efektif untuk menyelesaikan konflik. Program ini berfokus pada aspek-aspek positif dan yang sangat produktif untuk menyelesaikan konflik. Dan menjelaskan bagaimana peserta bisa mendapatkan keuntungan dari situasi yang sering dianggap sebagai negatif dan destruktif. Konflik, jika dikelola dengan benar, meningkatkan pemahaman dan kebijaksanaan.
Metodologi Pelatihan
Fokus pada pelatihan aktif, presentasi, interaktif, diskusi kelompok, brainstorming, bermain peran, berpikir kreatif, simulasi, belajar dalam kompetisi permainan, studi kasus, latihan, bimbingan, diskusi, perenungan, experiential learning, icebreaker.
Tujuan Pelatihan
1. Membangun kesadaran untuk mengelola benih konflik sedini mungkin.
2. Mengembangkan kecerdasan emosi untuk mengendalikan konflik
3. Mengatasi eskalasi konflik dan merubahanya menjadi energi positif
4. Mampu memilih resolusi konflik yang sesuai dengan keadaan dan kebutuhan untuk mendapatkan hasil yang maksimal
5. Cerdas mengelola emosi diri sendiri dan mempengaruhi orang lain secara emosional ketika dalam konflik
6. Cerdas berinteraksi dengan orang lain dan mampu mengambil langkah yang tepat untuk menghindari konflik
7. Cerdas menegosiasikan atas apa yang diinginkan dan beralih ke hasil menang / menang
Mencegah konflik destruktif di tempat kerja
Manfaat Pelatihan
1. Mengenali berbagai tahapan eskalasi konflik
2. Mengenali tanda-tanda konflik dan bahayanya
3. Menemukan kebencian tersembunyi dalam diri sendiri dan orang lain
4. Mengenali dan menghindari pola-pola perilaku yang menghasilkan konflik
5. Menjadi tegas dalam menangani konflik secara efektif ketika konflik muncul
6. Menyelesaikan konflik kecil sebelum konflik itu tumbuh menjadi krisis besar
7. Menghindar dari kebiasaan menyalahkan, menuduh, dan membela diri
8. Memperbaikan kerusakan hubungan akibat konflik
9. Kecerdasan dalam bernegosiasi untuk menghindarkan diri dari konflik yang sulit dengan orang-orang yang sulit
10. Melakukan komunikasi positif untuk mengatasi konflik
11. Menghindari konflik yang merusak proses kerja perusahaan
12. Merespon konflik untuk menghindari risiko
13. Menangani perasaan tidak nyaman terhadap akibat konflik
14. Mendengar dan menanggapi konflik secara positif
15. Mengatasi berita buruk, tenang dengan kekuatan emosi baik dan pikiran positif

Leave a comment